WASPADA ! Ternyata Selain Rokok, Benda di Sekitar Kita Ini Dapat Menyebabkan Sakit Paru-Paru

Posted by Bella Putri


ANEH92: Fungsi organ paru-paru pada manusia sangat penting, karena jika organ ini tidak bekerja maka organ lainnya pada tubuh tidak akan dapat bekerja dengan baik. Paru-paru merupakan salah satu organ tubuh paling vital dan untuk itu paru-paru pun harus kita jaga kesehatannya.

BACA JUGA: Apa yang Terjadi pada Otak dan Tubuh Ketika Tidur Setelah Minum Alkohol ?

Kebiasaan merokok sangat membahayakan kesehatan paru-paru, karena asap hasil pembakaran dan kandungan yang ada di dalamnya sudah terbukti merusak fungsi dan kinerja paru-paru. Hanya saja selain merokok ternyata masih ada faktor lain yang dapat menyebabkan gangguan pada paru-paru yaitu benda-benda yang ada di sekitar kita. Seperti yang dikutip aneh92 dari viva.


Selain kebiasaan merokok, udara kotor yang tercemar polusi ternyata ada beberapa benda yang membahayakan paru-paru. Pasalnya dari hasil penelitian benda-benda tersebut bisa memunculkan kondisi tertentu yang berefek pada kesehatan paru-paru. Lantas apa saja benda-benda disekitar kita yang bisa membahayakan kesehatan paru-paru?

Benda-benda di Sekitar Kita yang Membahayakan Kesehatan Paru-paru:


Cat
Zat kimia merupakan kandungan yang paling banyak terdapat di dalam cat, salah satunya adalah karsinogen. Meski hanya dipakai di dinding rumah, kandungan zat kimia tersebut bisa ikut masuk ke paru-paru melalui aromanya dan saat itu terjadi paru-paru perlahan demi perlahan bisa rusak

Karpet
Sama seperti furnitur kayu, karpet juga menjadi benda yang hampir selalu ada. Sayangnya benda yang satu ini juga berisiko menyebabkan gangguan pernapasan bahkan dalam kondisi yang ekstrim benda ini bisa merusak paru-paru. Penyebabnya karena karpet dapat menyimpan dan mengurung debu dan berbagai mikroba, saat masuk ke paru-paru hal tersebut tentu membahayakan paru-paru.

Alat Penyedot Debu
Alat penyedot debu sebenarnya merupakan alat yang punya manfaat dalam keseharian, karena alat tersebut berfungsi untuk menghisap debu demi mengurangi debu masuk ke saluran pernapasan. Hanya saja benda tersebut tidak sepenuhnya aman bahkan sejumlah pakar menyebut jika benda tersebut dapat menyebabkan gangguan pernapasan dan kerusakan pada paru-paru. Penyebabnya, debu yang ada di dalam mesin bisa saja menyusup masuk ke paru-paru saat di bersihkan. Untuk itu para pakar menyarankan agar Anda tetap berhati-hati saat membersihkannya.

Cairan untuk Pemutih Pakaian
Untuk menjaga ataupun memutihkan pakaian kita sering menggunakan cairan pemutih. Hal tersebut sebenarnya wajar tapi sebaiknya Anda berhati-hati. Cairan pemutih memiliki kandungan ammonia atau klorin yang bisa membahayakan setiap sel paru-paru saat dihirup meski itu tidak sengaja.

Pestisida
Cairan pestsida juga menjadi benda yang wajib Anda waspadai khususnya bagi Anda yang menggunakannya sebagai pembasmi serangga. Cairan kimia ini juga membahayakan paru-paru apalagi saat masuk ke dalam tubuh.

Hiasan Rumah yang Terbuat dari Kayu
Di rumah hiasan atau furnitur kayu merupakan benda yang hampir selalu ada. Tapi ternyata furnitur tersebut juga bisa berbahaya bagi paru-paru. Penyebabnya furnitur kayu tua apalagi yang punya banyak ukiran dapat menyimpan debu bahkan dua kali lebih banyak dari furnitur lainnya. Hal tersebutlah yang berisiko memicu gangguan pernapasan dan juga paru-paru.

Ternyata selain merokok, benda sehari-hari yang sering ada disekitar kita tanpa disadari sangat membahayakan kesehatan dan kinerja paru-paru. Jadi mulai sekarang pekalah terhadap lingkungan dan kesehatan anda. Cari artikel ini di:

paru paru perokok pasif, paru paru basah, paru paru perokok aktif, kanker paru, obat untuk membersihkan paru paru, cara membersihkan paru paru perokok, video paru paru perokok, gambar paru paru perokok

{ 0 comments... or add one}


Posting Komentar