Rahasia Agar Daging Sapi Empuk Ketika Dijadikan Sate !

Posted by Bella Putri


ANEH92: Sate merupakan menu favorit lidah orang indonesia, bahkan sate juga terkenal sampai kemanca negara. Banyak juga wisatawan yang memilih makan sate ketika berlibur ke indonesia. Selain daging ayam dan kambing, ternyata daging sapi juga tidak kalah lezat ketika di jadikan sate.

Daging sapi biasanya dijadikan sate ketika idul adha, karena kebanyakan pembagian daging sapi dan daging kambing di beberapa daerah. Tak heran ketika idul adha banyak orang berlomba-lomba mencari resep sate daging sapi agar enak dan empuk.

Seperti yang dikutip dari detik, ada beberapa hal yang perlu kita ketahui untuk mengolah daging sapi untuk dijadikan sate.

Masih ada sisa daging sapi dari Idul Adha? Buat saja sate sapi lezat dan empuk khas Indonesia. Sebelum meraciknya, perhatikan hal berikut ini agar sate tidak liat ketika di bakar.

1. Jenis daging
Agar daging sate empuk, gunakan bagian has dalam atau has luar. Namun jika memakai bagian lain, bisa memakai daun pepaya sebagai pembungkus agar empuk.

2. Memotong daging

Bersihkan lemak dan urat yang liat pada permukaan daging sapi. Kemudian potong daging melintang serat dengan tebal sekitar 1/2 cm. Sebaiknya jangan potong daging terlalu besar dan tebal. Ini supaya daging lebih cepat empuk dan mudah dikunyah.

3. Menusuk sate
Baluri daging dengan sedikit jeruk nipis supaya daging lebih empuk dan beraroma. Tusuk daging sapi melintang serat. Dalam satu tusuk sate, daging bisa diselingi lemak agar rasanya lebih gurih.

Gunakan tusuk sate bambu atau besi. Bila pakai tusuk sate bambu, rendam sebentar dalam air. Ini berguna melarutkan kotoran, melembabkan lidi, dan tusuk sate tak mudah patah saat dipanggang.

4. Membumbui sate
Disamping membakar langsung, sate bisa direndam bumbu terlebih dahulu. Misalnya campuran bawang putih, bawang merah, ketumbar, merica, garam dan sedikit gula merah. Bisa juga campuran kacang giling, kecap dan air kaldu.

Rendam potongan daging dalam bumbu selama 1-2 jam sampai meresap, lalu bakar sate. Jika ingin cepat, celup bumbu lalu bakar sate sampai setengah matang. Kemudian celup lagi dalam bumbu, baru sate dibakar sampai matang sempurna.

5. Membakar sate
Untuk membakar sate bisa memakai bara api dari arang batok kelapa, panggangan listrik atau gas dalam wajan datar. Supaya daging tidak lengket ke pemanggang, olesi sedikit minyak.

Proses pembakaran memerlukan waktu 3-5 menit, tergantung besar potongan daging dan jumlah sate yang dibakar. Balik-balik sate sesekali supaya matangnya merata.

Itulah rahasia agar daging sapi terasa enak dan empuk ketika dijadikan sate. Semoga bermanfaat.

Cari artikel ini di;
resep sate daging sapi empuk, agar daging sapi empuk saat dibakar, tips agar daging sapi empuk, cara agar daging sapi empuk, agar daging sapi empuk saat dimasak, masak daging sapi agar empuk, agar daging sapi cepat empuk saat direbus, cara memasak daging sapi agar empuk

{ 0 comments... or add one}


Posting Komentar