Mau Anak Anda Cerdas ? Lakukan Kegiatan Ini Disaat Liburan

Posted by Bella Putri


ANEH92: Liburan bersama anak-anak dan keluarga adalah waktu yang sangat dirindukan bagi semua orang tua. Namun, Apakah di saat liburan anda tetap memberikan masukan yang baik bagi anak agar anak anda selalu aktif, produktif, dan kreatif ?

Nah, itulah yang sering dilupakan orang tua ketika liburan tiba. Hal ini sangat di perlukan, aktivitas yang di lakukan untuk menunjang kecerdasan anak, tapi tetap menyenangkan bagi mereka.

Berikut ini beberapa kegiatan unik yang boleh di lakukan anak-anak ketika sedang berlibur:

  • Bermain Kreatif 

Kreatifitas merupakan hal yang penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Sangat diperlukan media yang tepat bagi anak dalam mengembangkan kreatifitasnya. Saat sedang liburan, orang tua sebaiknya mempergunakan waktu bersama untuk bermain kreatif seperti membuat benda-benda dari barang-barang bekas atau membuat sesuatu yang ada dalam pikiran anak.

  • Bermain Musik

Hampir semua anak di dunia sangat suka bermain alat musik. Walaupun mereka tidak bisa memainkannya, namun alat musik tersebut bisa menjadi motivasi bagi anak untuk bisa benar-benar memainkannya. Berikanlah arahan yang tepat kepada anak sehingga orang tua juga tahu kemampuan dan minat anak di bidang musik.

  • Bermain Sukan  

Beberapa permainan sukan seperti sorok-sorok, enggrang, dan permainan fisikal lain tidak hanya membuat anak senang tapi juga melatih kecerdasan anak secara kognitif dan afektif. Anak akan dituntut untuk kreatif dan stabil secara emosional saat bermain permainan sukan tersebut. Hal ini boleh menunjang perkembangan fisikal maupun psikisnya.

  • Bermain Peranan 

Bermain peranan atau sandiwara merupakan satu aktivitas unik yang menyenangkan bagi anak sehingga mereka boleh meniru karakter dan tokoh idola dalam kehidupan nyata maupun maya. Berikan kesempatan kepada anak untuk memilih tokoh mana yang akan diperankan dan tanyakan kepadanya mengapa memilih watak tersebut.  

Jika jawaban anak berorientasikan terhadap sesuatu yang baik, dukunglah anak dengan karakter yang siap diperankan. Jika jawaban anak berorientasikan terhadap sesuatu yang negatif, arahkan anak untuk memandang sesuatu secara positif dan boleh mengelakkan sesuatu yang negatif.

{ 0 comments... or add one}


Posting Komentar