Benarkah Marco Polo Pernah Mapir di Sumatera ?

Posted by Bella Putri


Benarkah Marco Polo Pernah Mapir di Sumatera ?
ANEH92: Siapa yang tak kenal dengan penjelajah yang paling terkenal di sejarah dunia Marco Polo. Salah satu penjelajah paling awal yang membuka hubungan antara Eropa dengan berbagai wilayah di Asia. Namun taukah kamu sebenarnya Marco Polo pernah singgah dan mampir di pulau Sumatra ? Pada tahun 1292, dia pernah singgah selama beberapa bulan di Sumatera, menurut catatannya. seperti yang dikutip daei merdeka

Pada tahun 1270-an, Marco Polo mengikuti perjalanan dari ayah dan pamannya untuk menemui Kubilai Khan di China. Pada waktu itu Marco Polo berumur sekitar 17 tahun dan itu adalah perjalanan jauh pertamanya. Membutuhkan perjalanan selama tiga tahun untuk sampai ke China, setelah itu dia tinggal di sana selama kurang lebih 20 tahun.

Pada tahun 1292, Marco Polo beserta ayah dan pamannya menumpang armada kapal Mongol dengan tujuan membawa seorang putri yang akan dinikahkan dengan seorang Khan dari wilayah Levant. Dalam perjalanan ini lah Marco Polo sempat singgah di bagian utara Sumatera. Persinggahan ini untuk menunggu musim yang tepat guna meneruskan perjalanan ke barat.

Kunjungan ini terjadi pada masa-masa awal pembentukan kerajaan Islam di wilayah Nusantara. Pada catatannya, Marco Polo mengatakan bahwa dia menghabiskan waktu lima bulan di wilayah Kerajaan Samudera Pasai. Pada waktu tersebut Marco Polo sempat singgah di beberapa daerah seperti Barus dan Perlak. Selain itu dia juga membuat catatan mengenai kanibalisme orang Batak pada masa itu serta produk kapur Barus yang sangat terkenal.

Dalam catatan tersebut Marco Polo menyebut wilayah yang disinggahinya sebagai Jawa Kecil. Wilayah yang disinggahinya juga disebut memiliki harta yang berlimpah dan memiliki banyak komoditas berharga. Walaupun hanya singgah sebentar tetapi Marco Polo mampu menjelaskan tentang kekayaan alam dan wilayah-wilayah utara Sumatera dengan sangat baik. Tetapi karena hanya menunggu musim yang baik, tidak terdapat penjelajahan lebih lanjut dari Marco Polo ke wilayah lebih selatan.

PROFIL MARCO POLO

Nama Lengkap               Potret Marco Polo
Lahir                               c. 1254 diduga di Venesia, Italia
Meninggal                       9 Januari 1324 (umur 69) Venesia, Republik Venesia
Tempat peristirahatan     Gereja San Lorenzo
Pekerjaan                        Saudagar, penjelajah
Dikenal karena                Perjalanan Marco Polo
Pasangan                         Donata Badoer
Anak                               Fantina, Bellela, dan Moretta
Orang tua                        Ibu: Nicole Anna Defuseh
                                        Ayah: Niccolò Polo

CARI ARTIKEL INI DENGAN KATA KUNCI:
sejarah marco polo
ibnu batutah
marco polo biografi
marco polo biography

marco polo season 2
marco polo wikipedia
marco polo series
marco polo 2015

{ 0 comments... or add one}


Posting Komentar