Ingin Mempercepat Turunkan Berat Badan ? Lakukan Cara Ini Sebelum AndaTidur

Posted by Bella Putri


ANEH92: Olahraga secara teratur tidak menjamin seseorang akan mendapatkan berat badan dan bentuk tubuh yang ideal. Ternyata ritual yang anda lakukan sebelum tidur pun ikut memengaruhi kesuksesan penurunan berat badan. Ada aktivitas-aktivitas tertentu yang ternyata bisa membantu mempercepat proses penurunan berat badan, bahkan ketika Anda tidur. Ingin langsing? Ikuti lima langkah ini:

1. Ngemil

Ya, anjuran diet menyebutkan Anda sebaiknya menghindari makan malam sebelum tidur karena bisa membuat lingkar pinggang bertambah lebar. Namun sebuah studi menunjukkan, ngemil sedikit makanan justru bisa membantu menurunkan berat badan. Dikutip dari Shape, para peneliti di Florida State University menemukan bahwa orang yang minum minuman protein sedikitnya 15 kalori, 30-60 menit sebelum tidur metabolisme tubuhnya lebih cepat, tekanan darah lebih rendah dan fungsi pencernaan tubuh lebih baik. Segelas susu atau selembar keju sebelum tidur, sepertinya tidak akan jadi masalah bagi berat badan Anda.

2. Matikan Lampu

Kebiasaan menyalakan lampu saat tidur bisa menambah beberapa inci lingkar pinggang Anda. Penelitian yang dimuat dalam Journal of Biological Rhythms menunjukkan, tidur dengan lampu kamar tetap menyala akan membuat Anda sering terbangun. Saat terbangun di malam hari, Anda cenderung mudah lapar dan mengudap apa saja yang ada di dapur atau lemari makanan.

Penelitian lain yang diujicobakan terhadap tikus juga menguatkan, tidur dengan lampu menyala bisa menambah berat badan. Penelitian dari Ohio State University tersebut menunjukkan bahwa tikus yang terkena cahaya di malam hari bahkan cahaya yang redup, berat badannya terus bertambah bila dibandingkan tikus-tikus lain yang tidur dalam keadaan gelap.

"Apa yang sebenarnya terjadi adalah metabolisme yang melambat. Tikus terkena cahaya terang pada saat tidur membuatnya lebih gemuk karena cahaya di malam hari membuat tikus ingin makan atau merasa lapar pada waktu yang salah untuk membenahi sistem metabolisme mereka," ujar Laura Foken, penulis studi dan doctoral student di Ohio State's neuroscience department, seperti dilansir AOL Health.

3. Dinginkan Ruangan

Menurut hasil studi yang dimuat dalam jurnal Diabetes, pria yang tidur di dalam ruangan bersuhu 18 derajat Celcius jumlah lemak sehatnya (brown fat) bertambah dua kali lipat dibandingkan pria yang tidur pada suhu 23 derajat Celcius. Brown fat merupakan jenis lemak baik yang membantu pembakaran lemak jahat penyebab kegemukan dan penyakit jantung.

Selain itu saat udara dingin tubuh otomatis akan menggigil dan itu memicu pelepasan hormon yang disebut irisin. Hormon ini bertugas menstimulasi pembakaran kalori dan jaringan lemak di dalam tubuh, sehingga membantu menurunkan berat badan.

4. Pasang Alarm

Pasang alarm agar Anda terbangun pada waktu yang sama setiap hari. Studi dari Brigham Young University menunjukkan bahwa wanita yang selalu bangun tidur di pukul yang sama, dan dengan durasi tidur yang sama pula, berat badannya lebih ringan ketimbang wanita yang tidur tidak teratur. Tidur teratur tidak hanya berefek pada penurunan berat badan tapi juga mencegah datangnya berbagai penyakit. kurang tidur satu atau dua jam saja bisa meningkatkan risiko terkena gangguan jantung dan obesitas.

{ 0 comments... or add one}


Posting Komentar