Geger ! Dampak Buruk Memakai Kontak Lensa dan Cara Mencegah Infeksi Mata

Posted by Bella Putri


Geger ! Dampak Buruk Memakai Kontak Lensa dan Cara Mencegah Infeksi Mata
ANEH92: Banyak sekali orang-orang Amerika yang suka memakai kontak lensa, ternyata memiliki kebiasaan yang buruk dengan lensa mata karena bisa meningkatkan risiko infeksi pada mata. Ini menurut sebuah laporan terbaru. Berdasarkan informasi dari sekitar 1.000 orang dewasa AS yang mengenakan soft lens dan menjawab pertanyaan tentang perawatan kontak mereka, peeliti menyimpulkan bahwa sekitar 99 persen melaporkan terlibat dalam kebiasaan yang diketahui meningkatkan risiko infeksi mata itu. seperti yang dikutip dari jpnn

85 persen mengatakan mereka mandi dengan lensa kontak mereka, 61 persen melaporkan berenang dengan lensa mereka dan 35 persen melaporkan membilas lensa mereka dengan air, menurut laporan yang dirilis oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit. Mengekspos lensa kontak dengan air bisa meningkatkan risiko infeksi karena mikroorganisme hidup di air bisa ditransfer ke mata.

Sekitar setengah dari pemakai kontak lensa mengatakan mereka mengenakan kontak mereka ke tempat tidur. “Puluhan juta orang dewasa AS menikmati manfaat dari soft lens, tapi banyak dari mereka mungkin akan meningkatkan risiko mereka terkena komplikasi infeksi mata karena perilaku memakai dan perawatan yang buruk,” tulis para peneliti, seperti dilansir laman Fox News, Kamis (3/9).

Cara untuk mencegah infeksi mata yang berhubungan dengan softlens, CDC merekomendasikan sebagai berikut:

  •     Cuci tangan Anda dan keringkan dengan baik sebelum menyentuh kontak lensa.
  •     Lepaskan kontak lensa sebelum anda tidur, mandi dan berenang.
  •     Gosok dan cuci kontak lensa dengan desinfektan lensa kontak.
  •     Bersihkan dan cuci kontak lensa dengan kering dan menyimpannya terbalik.
  •     Ganti kontak lensa setiap tiga bulan sekali.

{ 0 comments... or add one}


Posting Komentar