Pernah ke Tanah Abang ? Tau Gak Siapa yang Kasi Nama 'Tanah Abang'

Posted by Bella Putri


Pernah ke Tanah Abang ? Tau Gak Siapa yang Kasi Nama 'Tanah Abang'
ANEH92: Mungkin sebagian Anda yang tinggal di jakarta sudah tidak asing lagi ketika mendengar nama tanah abang, memang sedikit aneh. Tanah Abang ? Lantas apa yang ada dibenak anda ketika mendengar kata 'tanah abang' ? seperti yang dikutip dari liputan6

Ternyata tidak jitu bila Anda mengira nama itu berkaitan dengan sosok 'Abang' sebagai lawan dari Kakak. Berdasarkan buku `Asal-usul Nama Tempat di Jakarta` yang ditulis Rachmat Ruchiat, kata `Abang` di penamaan tersebut berarti `Merah` dalam bahasa Jawa.

Merujuk pada Intisari edisi Agustus 1985, Ruchiat menyebut bahwa kemungkinan nama Tanah Abang diberikan oleh pasukan Mataram yang bermarkas di sana dalam rangka melakukan serangan pada tahun 1628. Tapi ada juga versi lain di balik alasan diberikannya nama Tanah Abang.

Menurut sebuah versi dikatakan bahwa nama Tanah Abang mulai muncul pada tahun 1648. Kala itu, seorang konglomerat keturunan Tionghoa bernama Phoa Bingham mendapat izin pimpinan VOC di Batavia untuk memegang hak penguasaan hutan di sana.

Ia juga diperbolehkan untuk membuka huan dan membuat kanal sebagai sarana pengangkut. Para pekerja yang berasal dari Banten itulah yang diperkirakan memberi nama Tanah Abang.

Nah, itulah sebenarnya fakta tentang nama tanah abang yang sampai saat ini banyak sekali dari kita yang tidak tahu siapa sih sebenarnya yang memberi nama 'tanah abang'

Cari artikel ini dengan kata kunci:
  • tanah abang blok a
  • tanah abang blok b
  • tanah abang grosir online
  • baju anak tanah abang
  • grosir tas tanah abang
  • grosir jilbab tanah abang

{ 0 comments... or add one}


Posting Komentar