Inilah 10 Fakta Menarik Tentang Idul Adha 1435H

Posted by VIRAL ID


Update Artikel untuk hari ini berjudul "Inilah 10 Fakta Menarik Tentang Idul Adha 1435H" dan masih banyak lagi artikel menarik yang terupdate setiap hari dengan label Aneh, unik, lucu, misteri, artis, gadget, teknologi, kesehatan, travel, wisata, internet, software, download, blogger, google adsense dan SEO.

Inilah 10 Fakta Menarik Tentang Idul Adha 1435H
sumber: google

Idul Adha atau sering kita sebut "Hari Raya Kurban" merupakan sebuah perayaan umat Islam di seluruh dunia untuk memperingati peristiwa ketika Nabi Ibrahim AS dengan ikhlas mengikuti perintah Allah untuk mengorbankan putranya Ismail demi menunjukkan ketaatan dan kapatuhannya.
Apa yang sudah dilakukan Nabi Ibrahim AS ini pun diikuti dan dijadikan tradisi oleh Umat Muslim dari seluruh dunia secara simbolis mengorbankan ternak berupa sapi, kerbau, unta, domba, atau kambing atau disebut dengan istilah 'bekurban.'
Berikut ini 10 fakta menarik tentang Idul Adha tahun ini, dilansir dari International Business Times:
1. Idul Adha dikenal juga dengan nama Idul Kabir atau Idul Qurban, perayaan Islam dalam rangka memperingati keikhlasan Nabi Ibrahim untuk mengikuti perintah Allah yang menyuruhnya mengorbankan putra kesayangannya, Ismail. Perintah Allah itu hanya sebuah ujian untuk melihat kesetiaan Nabi Ibrahim pada pencipta-Nya. Allah pun kemudian mengganti Ismail dengan seekor domba.
2. Idul Adha dimulai pada 10 Dzulhijjah, bulan ke-12 dalam kalender Islam yang didasarkan pada peredaran bulan. Namun, karena sekarang kita menggunakan kalender Gregoriana atau peredaran matahari, maka Idul Adha selalu bergerak sekitar 11 hari setiap tahunnya.
3. Perayaan Hari Raya Kurban berlangsung 2-4 hari bergantung pada negara masing-masing.
4. Muslim dapat membeli hewan yang disebut Udhiya, biasanya kambing atau domba, sapi atau kerbau, unta, kemudian dikurbankan.
5. Selama Idul Adha, Umat Muslim yang mampu melakukan ibadah haji ke Mekah, Saudi Arabia.
6. Seorang Muslim harus membaca 'tusmiya' sebelum mengorbankan domba dan mengikuti standar tertentu, terutama halal.
7. Daging kurban dibagi tiga. Satu porsi untuk keluarga inti, satu porsi untuk kerabat, satu porsi lainnya yang terbanyak untuk disumbangkan kepada fakir miskin.
8. Perayaan Idul Adha ini biasanya ditandai dengan saling mengunjungi rumah anggota keluarga. Anggota keluarga yang lebih tua juga suka memberi anak-anak hadiah berupa uang.
9. Pagi harinya, seluruh Umat Muslim melaksanakan shalat Idul Adha di masjid atau lapangan. 
10. Pemerintah AS mengeluarkan prangko khusus untuk memperingati Idul Fitri dan Idul Adha dibanyak kesempatan seperti tahun-tahun sebelumnya. Perangko ini menyoroti berbagai kontribusi yang diberikan Muslim AS di bidang bisnis, pendidikan, dan reformasi sosial di AS. 

{ 0 comments... or add one}


Posting Komentar