Berbagai Penyakit Akan Terhindar Hanya Dengan Satu Cara Ini

Posted by Wandi Gustianto


Update Artikel untuk hari ini berjudul "Berbagai Penyakit Akan Terhindar Hanya Dengan Satu Cara Ini" dan masih banyak lagi artikel menarik yang terupdate setiap hari dengan label Aneh, unik, lucu, misteri, artis, gadget, teknologi, kesehatan, travel, wisata, internet, software, download, blogger, google adsense dan SEO.


Mencuci tangan merupakan bagian yang sangat penting agar anda dan keluarga dapat terhindar dari kuman yang menimbulkan penyakit.  Namun masih banyak orang yang masih malas untuk mencuci tangan. Seringnya orang berpendapat bahwa mencuci tangan ketika ada kotoran yang terkihat di tangan. Perlu anda ketahui  kebiasaan cuci tangan terbukti cukup efektif untuk mencegah kontak dengan kuman melalui jalur-jalur berikut ini. 

Kontak fecal-oral 
Cuci tangan dengan sabun wajib dilakukan setelah buang air besar untuk menghindari kontak kuman dari kotoran (fecal) ke mulut (oral). Jenis-jenis penyakit yang bisa ditularkan melalui jalur ini antara lain salmonellosis, shigellosis, hepatitis A, giardiasis, enterovirus, amebiasis, dan campylobacteriosis. 

Kontak tidak langsung dengan lendir pernapasan 
Setelah berjabat tangan dengan orang yang sedang batuk, bersin-bersin atau sering mengeluarkan ingus sebaiknya langsung cuci tangan. Meski hanya sedikit, bekas lendir yang menempel di tangan bisa menularkan bakteri dan virus. 

Jenis-jenis penyakit yang bisa ditularkan melalui lendir pernapasan antara lain pilek, influenza, infeksi streptococcus, dan infeksi respiratory syncytial virus (RSV). 

Kontak dengan cairan tubuh lainnya 
Air seni, ludah dan keringat dapat menularkan kuman-kuman seperti cytomegalovirus, typhoid, kuman-kuman staphylococcal, dan virus epstein-barr. Cairan-cairan tersebut bisa menempel di tangan tangan melalui kontak langsung, maupun tidak langsung saat menyentuh permukaan benda dan perkakas sehari-hari.

Kapan waktunya harus mencuci tangan? 
Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebaiknya dilakukan sebelum makan atau bersentuhan dengan orang sakit. Lakukan juga segera setelah melakukan aktivitas berikut ini: 
1. Memasak, terutama jika bersentuhan dengan daging mentah
2. Menggunakan toilet
3. Mengganti popok
4. Menyentuh binatang atau makanan binatang
5. Membuang ingus dan menutup hidung saat bersin dan batuk
6. Merawat luka atau menolong korban kecelakaan

Memegang pakaian kotor dan benda-benda lain yang tidak terjamin kebersihannya

{ 0 comments... or add one}


Posting Komentar