SERAM ! Kisah Misteri Makam Keramat dan Jatuhnya Pesawat Tempur T-50i

Posted by Bella Putri


ANEH92: Sangat banyak sekali orang yang menduga-duga, penyebab dari jatuhnya pesawat T-50i Golden Eagle di Kompleks Lanud Adisutjipto Yogyakarta, Minggu 20 Desember 2015. Tim investigasi dari Mabes TNI AU sedang mencari data untuk mengungkap penyebab jatuhnya pesawat T-50i tersebut.

Bagi masyarakat yang tinggal di sekitar Lanud Adisutjipto Yogyakarta, mereka berpendapat jatuhnya pesawat tersebut karena sudah melintas di atas makam Pangeran Purboyo di Wot Galeh, Berbah, Sleman. Lokasi makam keramat itu berada di area perkebunan tebu, yang terletak persis di selatan Lanud Adisutjipto Yogyakarta. seperti yang dikutip dari viva

"Kata orang-orang dulu, dan dipercaya masyarakat di sini, pesawat yang melintas tepat di atas makam Pangeran Purboyo bisa jatuh. Bisa jadi, pesawat yang jatuh itu karena melintas di atas makam," kata salah seorang warga, Mijun, saat berbincang dengan Okezone, Selasa (22/12/2015).

Ia mengatakan, kepercayaan tersebut juga diketahui para pilot yang tengah menempuh pendidikan di sekolah penerbang Lanud Adisutjipto Yogyakarta. Menurutnya, semua pilot, tidak ada yang berani melanggar dengan mencoba melintas di atas makam tersebut.

"Enggak tahu ada kekuatan apa disitu, tapi memang keramat katanya. Pantangannya jangan melintas di area sekitar makam, saya kira para pilot sudah tau soal pantangan itu," jelasnya.

Meski hanya menduga, namun fenomena larangan itu melekat hingga kini. Komplek makam tersebut juga selalu dikunjungi orang yang melakukan ritual pada Selasa Kliwon dan Jumat Kliwon dalam kalender Jawa.

Sebagai informasi, Pangeran Purboyo merupakan putra Penembahan Senopati dari Rara Lembayung, putri Ki Ageng Giring, dari Mataram. Karena sakti, Purboyo menjadi senopati perang prajurit Mataram saat Sultan Agung bertahta.

Hingga kini, komplek makam itu dijaga para abdi dalem Kraton Yogyakarta secara bergiliran. Terdapat pagar putih dalam kompleks makam. Berdiri masjid tua yang hingga kini dipergunakan untuk ibadah. Dibelakang masjid, terdapat sumur yang konon dibuat oleh Pangeran Purboyo.

Percaya apa tidak ? Penyebab jatuhnya pesawat Tempur T-50i ada kaitan dengan makam keramat yang masih menyimpan kisah misteri.

{ 0 comments... or add one}


Posting Komentar