Ternyata Bersedekah Pun Bisa Bikin Puasa Batal, Benarkah Demikian ?

Posted by Bella Putri


ANEH92: Bulan puasa yang penuh berkah ini banyak orang berlomba mengejar pahala. Hampir semua umat muslim di dunia menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Namun kenyataannya, masih banyak orang yang tidak puasa dengan berbagai alasan seperti tidak tahan godaan. Padahal mereka tahu jika sudah niat pasti tidak akan tergoda akan hal yang membatalkan puasa. Maka dari itulah orang berlomba untuk berbuat baik dan beramal bersedekah agar mendapat pahala di bulan ramadhan ini. Secara amal ibadah dilipatgandakan selama bulan Ramadan, jadi gak mungkin kan kalau kamu menyia-nyiakan bulan suci ini dengan bermaksiat atau malah sengaja gak puasa tanpa uzur apapun?
Seperti yang dikutip dari idntimes, ternyata ada hal-hal sepele yang sering kita lakukan tapi justru berdampak membatalkan puasa. Jika bisa jangan sampai terjadi dah hindarilah.

1. Terlalu Menikmati Sikat Gigi
Sebenernya sih sikat gigi gak bikin puasa batal. Tapi kalau kamu sikat gigi di siang hari yang terik dan panasnya minta ampun, terus kamu sengaja nelen air buat kumur atau odolnya, jelas ini bikin batal puasa. Sehaus-hausnya kamu pas puasa, jangan sampe kepikiran buat ngelakuin ini ya!

2. Memasak dan Menyiapkan Hidangan Berbuka
Kok masak dan nyiapin buka bisa bikin batal puasa? Sebenernya sih enggak, tapi lain lagi kalau kamu nyicipin masakanmu sendiri dengan alasan biar gak keasinan atau kemanisan. Udah gitu, nyicipinnya pake ditelen lagi. Jelas bikin batal puasa kan?

3. Bersedekah
Di bulan yang baik ini, sedekah kamu bakal dinilai berkali-kali lipat dari biasanya. Alhasil kamu sedekah deh sebanyak-banyaknya buat orang miskin. Nah sedekahnya sih emang gak bikin batal puasa, tapi kalau kamu selfie sama si penerima sedekah dan upload foto sedekah kamu di medsos, lain lagi ceritanya. Bukannya dapet pahala berlipat-lipat, tapi puasamu bisa sia-sia gara-gara riya' dan pamer. Duh gak mau kan?

4. Menemani Pacar Belanja
Niatnya sih nemenin pacar belanja baju lebaran di Tanah Abang. Tapi sampai di TKP, pasarnya penuh sesek banget. Kamu pun gak kuat menahan godaan haus yang gede banget. Kebetulan ada tukang es cendol gak tau diri lewat, kamu beli dan minum tuh es cendol. Jelas batal puasamu cuy!

5. Tidak Sengaja Olahraga Berat
Olahraga pas puasa itu baik lho, bisa bikin tubuh segar dan bugar. Tapi jangan sampai kelepasan olahraga yang berat-berat ya. Takutnya gak kuat, tubuh malah lemes dan kamu tergoda buat batalin puasa.Cari artikel ini di:

hikmah bersedekah, bersedekah dalam islam, bersedekah di hari jumat, kebaikan bersedekah, kelebihan bersedekah kepada anak yatim, bersedekah untuk orang yang sudah meninggal, bersedekah kepada anak yatim, kelebihan bersedekah

{ 0 comments... or add one}


Posting Komentar