Cara Memelihara Tokek Rumah

Posted by Bella Putri

SEBARKAN ARTIKEL
"Cara Memelihara Tokek Rumah" Ini ke -->

FACEBOOK | TWITTER | GOOGLE + | PINTEREST

Cara Memelihara Tokek Rumah
img: google


ANEH92: Tokek rumah atau biasa disebut tokek merupakan sejenis reptil yang masuk kedalam golonga cicak besar. Biasanya tokek rumah sering dijumpai dimalam hari. Menurut mitos masyarakat, tokek merupakan binatang pembawa hantu. Namun binatang jenis ini sangat banyak dicari karena memiliki nilai tersendiri.

Cara memelihara tokek rumah pun sangat berbeda dan ada trik khususnya. Langsung saja kita simak cara memelihara tokek rumah:

Pilihan Tempat:

Secara umum tokek akan menyukai tempat-tempat yang sunyi/jauh dari kebisingan dan jauh dari jangkauan manusia,makanya tokek dalam kebiasaannya selalu memilih tempat di plafon rumah,dibalik lukisan, dibalik jam dinding dsb. Sehingga seharusnya kita merencanakan untuk memelihara tokek harus memenuhi kriteria yang dianggap aman oleh si tokek.

Misalnya kita memilih kamar kosong/gudang rumah untuk tempat pilihan untuk memelihara tokek, selain itu juga ada 2 pilihan, yaitu (1) dengan melepas liarkan tokek didalam kamar kosong/gudang tersebut atau (2) dengan menggunakan kandang-kandang kecil, dan jangan lupa untuk melepas liar tentunya semua akses yang bisa membuat tokek keluar harus ditutup sedemikian rupa.

Menurut saya pemeliharaan yang bagus adalah dengan menggunakan kandang pembesaran, artinya kandang akan menyesuaikan ukuran dari tokek yang kita pelihara. Misal untuk ukuran tokek dengan panjang dibawah 17 cm kita gunakan aja kandang dengan ukuran 30 cm.(seperti pemeliharaan ikan arwana). Hal ini dimaksudkan agar tokek tidak terlalu banyak aktivitas, jangkauan makanan (jangkrik dan air minum) dekat, memudahkan dalam pengawasan. Jeruji/jaring kandang bisa menggunakan jaringkawat dengan lubang2 kecil supaya jangkrik pakan tidak keluar dari andang. Untuk ukuran kandang 30×30 cm bisa di huni 2 tokek kecil atau lebih sekaligus , selain untuk menghemat tempat juga untuk interaksi tokek dan persaingan dalam mendapatkan makanan dan jika ukuran/besar tokek sudah brtambah maka lakukan pengurangan/pemindahan tokek ke kandang yg lebih besar, demikian selanjutnya.

Makanan:

Pada dasarnya tokek menyukai serangga, dalam pemeliharaan pilihan yang bagus adalah jangkrik pakan, selain mudah didapatkan juga jangkrik memiliki kandungan protein yang bagus. Untuk menambah nilai gizi dari jangkrik tersebut kita bisa memberikan makanan kucing (kering,whiskas) pada jangkrik sehingga kandungan pada jangkrik tsb juga meningkat. Adakalanya juga bisa memberikan telur ayam dicampur dengan madu secukupnya untuk menambah gizi.

Minuman:

Minuman buat tokek bisa bisa berupa air putih saja atau ditambah dengan gula jawa/madu akan lebih baik, karena ha;l ini bisa menambah vitalitas tokek dan mempercepat pengemukan.

Pembersihan Kandang:

Penempatan kandang sangat penting guna mempermudah pembersihan kandang. Sebaiknya peletakan kandang tokek bisa menempel didinding bisa menggunakan siku L atau dalam bentuk kotak dengan kaki2 penyangga, hal ini dimaksudkan agar kotoran tokek tidak merusak alas kandang. Pembersihan kotoran bisa dilakukan 1 minggu sekali, karena pada dasarnya tokek tidak terlalu sering buang kotoran dan menghindari kontak yang brlebihan dengan manusia. Cari artikel ini di:

cara membesarkan tokek, makanan untuk tokek, makanan tokek agar cepat besar dan panjang, cara memelihara kelinci di rumah, cara menangkap tokek rumah, cara merawat tokek, cara budidaya tokek, cara merawat ac rumah

{ 0 comments... or add one}


Posting Komentar