Tanjung Puting, Tempat Penangkaran Orang Utan yang Jarang Diketahui

Posted by Bella Putri


ANEH92: Tanjung Puting, Tempat Penangkaran Orang Utan yang Jarang Diketahui - Mungkin anda sedang mencari tempat dimana orang utan berada, mungkin pertanyaan ini sangat simple di jawab. Biasanya orang utan berada dan hidup dihutan. Namun perlu anda ketahui, sebenarnya orang utan sangat jarang ditemukan dihutan indonesia. Karena banyak hutan yang terbakar akibat ulah serakah manusia itu sendiri.

Pernah dengan nama Tanjung Puting ? Yaps, jelas terdengar sangat aneh bagi sebagian orang yang tinggal di luar Kalimantan Tengah. Indonesia tidak hanya memiliki tempat wisata dengan keunikan budaya masing-masing daerah, tetapi juga memiliki destinasi-destinasi pemandangan yang sangat indah. Salah satunya adalah Tanjung Puting di Kalimantan Tengah. Dimana tempat ini dikenal sebagai tempat penangkapan orang utan.

Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) merupakan objek wisata yang terkenal dengan kekayaan alam dan hewan. Taman nasional ini terletak di semenanjung barat daya Provinsi Kalimantan Tengah. TNTP mempunyai luas 415.040 hektare yang di dalamnya dihuni ratusan jenis flora dan fauna.

Bayangkan Anda adalah penjelajah yang sedang menuju hutan untuk melihat orangutan dan hewan-hewan tropis eksotis lainnya. Dengan ini, Anda akan mulai mengetahui bagaimana TNTP sebenarnya.

Taman berukuran seluas Bali ini merupakan rumah bagi kehidupan liar yang menakjubkan termasuk orang utan yang terkenal di dunia. Taman ini juga rumah bagi monyet, burung, dan hewan liar lainnya, belum lagi tanaman asli hutan itu sendiri. Hutan ini merupakan harta karun yang menarik perhatian sejumlah pengunjung dari berbagai dunia dan dinyatakan sebagai cagar alam pada 1935, menjadikannya taman nasional pada 1982.

Taman ini berada di semenanajung luar laut Jawa. Dari ukuran taman mengartikan bahwa hutan ini memiliki zona habitat yang beragam. Keragaman ini mengartikan taman adalah rumah bagi sejumlah besar makhluk hidup, baik flora dan fauna. Lingkungan hutan menakjubkan membuat tempat ini harus dikunjungi jika Anda penyuka petualangan di alam terbuka.

Dilansir dari laman Dephut, orangutan tidak diragukan lagi menjadi penghuni paling dikenal di hutan. Terkenal melalui penelitian orangutan dan program konservasi di pusat penelitian Camp Leakey. Camp Leakey adalah tempat penangkaran orang utan dan lokasi studi berkelanjutan terpanjang dari setiap binatang liar dalam sejarah ilmu pengetahuan. Dengan sekira tiga perempat populasi orangutan di dunia yang hidup di Kalimantan, taman ini adalah tempat yang ideal untuk melihat orang utan yang luar biasa ini di alam liar.

Karena tanaman di TNTP menunjang populasi hewan yang banyak, taman ini menjadi salah satu tempat terpenting di Asia Tenggara untuk pelestarian hewan primata, burung, reptile, dan ikan. Ada beberapa lokasi yang menarik untuk dikunjungi, seperti Tanjung Harapan yang merupakan stasiun pertama dalam proses rehabilitasi orangutan. Lokasi ini berada di hutan sekunder dan hutan rawa yang dilengkapi dengan wisma tamu dan pusat informasi.

Ada pula atraksi budaya berupa Kompetisi Tradisional Rowing pada Mei di Pangkalan Bun. Dan, waktu terbaik untuk berkunjung adalah Juni sampai September setiap tahunnya.

Cara mencapai lokasi, Jakarta-Semarang-Pangkalan Bun dengan pesawat atau dengan kapal laut rute Semarang-Pangkalan Bun. Dengan kendaraan darat, dari Pangkalan Bun ke Kumai sekira 20 menit (8km). Selanjutnya dari Kumai ke Tanjung Harapan menggunakan klotok selama 1,5-2 jam, atau Kumai-Natai Lengkuas selama 4-5 jam. Menggunakan perahu cepat dari Kumai-Tanjung Harapan selama 30 menit-1 jam, dari Kumai-Camp Leakey selama 1,5-2 jam dan dari Kumai ke Natai Lengkuas selama 1,5-2 jam.

Nah, sementara hanya di kalimantan tengah tepatnya Tanjung Puting tempat penangkapan orang utan yang ada di indonesia sekarang ini.

{ 0 comments... or add one}


Posting Komentar