Miris ! Ternyata Ini Penyebab Bendera Gagal Berkibar di Lapangan Adam Malik, Siantar

Posted by Bella Putri


ANEH92: Pada saat prosesi pengibaran bendera Merah Putih di Lapangan Adam Malik, Kecamatan Siantar Barat, Senin (17 agustus 2016) oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskbraka) terjadi sesuatu insiden. Ini karena bendera Merah Putih gagal naik.

Berdasarkan keterangan dari salah satu Pembina Paskibraka, Holin Siahaan, bahwa terjadi kendala dalam pengait bendera, sehingga Paskibraka enggan mengambil resiko yang lebih besar ketika bendera tersebut dinaikkan. Ketika diwawancarai oleh wartawan di ruang data Pemko Siantar, Holin Siahaan menyebutkan, terjadi kendala dalam pengait bendera.

"Memang sudah berkali-kali kami keluhkan soal pengait bendera, dan ternyata benar kekhawatiran itu," sebut Hotlin yang juga sebagai pelatih Paskibraka.

Jikapun bendera terpaksa dinaikkan kata Holin, akan berakibat bendera bisa saja lepas atau malah tidak berkibar sempurna. Ini karena salah satu pengkaitnya rusak.

"Jadi tindakan dari adik-adik itu sudah benar. Kalaupun dipaksakan dinaikkan bisa berdampak yang lebih parah lagi, bisa saja benderanya lepas atau berkibarnya tidak sempurna, karena salah satu pengaitnya yang dibawa rusak," kata Hotlin.

Beruntung Pelatih dan Senior Paskibraka menyiapkan pengait cadangan, sehingga Bendera Merah Putih akhirnya berhasil dikibarkan. "Memang itu sudah kita antisipasi, makanya kita bawa cadangannya. Saat kejadian itu langsung kita ganti pengkaitnya," ucap Hotlin. Penjabat Wali Kota Siantar, Jumsadi Damanik mengatakan, bahwa itu merupakan suatu hal yang tidak terduga. "Saya sangat menghargai kepada anak-anak yang telah berusaha. Kita sudah berlatih keras dan berdoa. Tetapi itu ada hal-hal yang kecil dan saya fikir merupakan bagian dari pada dinamika," ucapnya

Namun Jumsadi mengatakan, tetap membanggakan Paskibraka yang bertugas mengibarkan bendera. Hal ini dikatakannya, walaupun terjadi insiden itu Paskibraka tetap melaksanakan tugasnya dengan sempurna yakni mengibarkan Bendera Merah Putih.

"Saya bangga kepada anak-anak, karena kita sudah cek semua tetapi ada insiden. Saya tetap bangga, walaupun situasi seperti itu bisa penyelesaian sangat sempurna," kata Jumsadi memberikan semangat kepada Paskibraka.

Ditanya soal pengait yang mengalami kerusakan, Jumsadi menyebutkan, sebenarnya hal tersebut sudah dilakukan pengecekan. "Namanya kita berdoa dan berusaha, Tuhan yang diatas kan yang menentukan sempurna atau tidaknya suatu acara, tetapi saya menganggap acara ini sempurna semua," papar Jumsadi. Sementara Ketua DPRD Kota Siantar Eliakim Simanjuntak menyebutkan, hal tersebut bukan kesalahan dari Paskibraka, melainkan Panitia Hari Kemerdekaan. "Itu bukan kesalahan dari anak-anak, melainkan panitia," sebutnya.

Elikaim berharap Pemko Siantar segera melakukan klarifikasi atas hal tersebut, sehingga masyarakat mengetahui yang sebenarnya terjadi. Ini juga agar Paskibraka tidak menjadi objek yang disalahkan.

"Saya minta agar panitia menyampaikan sepatah dua kata atas kesalahannya, sehingga anak-anak itu (Paskibraka) tidak merasa kecewa," tutup Eliakim.

{ 0 comments... or add one}


Posting Komentar