Inilah Rahasia Otak Manusia yang Belum Terungkap

Posted by Bella Putri


ANEH92: Selayaknya seperti sebuah komputer super yang bekerja pada otak manusia. Studi terbaru menunjukan kemampuan otak manusia untuk mengingat sesuatu yang lebih cepat dari yang pernah manusia bayangkan sebelumnya. Para peneliti di Universitas Birmingham, Inggris meneliti seberapa cepat otak dapat mampu mengingat kembali suatu hal. Untuk mengingat kembali biasanya kita akan memulai dengan sebuah petunjuk. seperti yang dikutip dari viva

Misalnya untuk mengingat sebuah lagu, nada-nada awal akan menjadi petunjuk. Informasi tersebut akan ditransmisikan dari mata dan telinga ke bagian otak yang disebut Hippocampus, di mana bermukim banyak sel otak yang bertugas untuk mengenali memori. Sel-sel ini lalu membuat sebuah pola untuk dicocokan dengan lagu yang pernah Anda dengar.

Semua proses ini akan memakan waktu satu detik, yang didasari oleh studi yang meneliti aktivitas Hippocampus terkait mengolah memori. Namun sekarang hal ini terbantahkan.

Para peneliti di universitas tersebut menjelaskan proses mengingat memakan waktu jauh lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya. "Asumsi ini keliru, mengingat pengambilan memori terjadi lebih cepat," ucap Simon Hanslmayr di University of Birmingham, seperti dilansir Newscientist, Rabu (6/1/2016).

Dalam penelitian yang dilakukan Simon dan tim, para sukarelawan diminta mengingat letak sebuah objek di layar komputer. Di saat yang sama, tim memonitor otak sukarelawan dengan EEG, untuk memberikan aktivitas yang bersifat elektrik di otak.

Selanjutnya, tim meletakkan sebuah objek tersebut di tengah layar agar para sukarelawan dapat memberikan jawaban mengenai di mana letak asal objek sebelumnya. Untuk mengetahui seberapa cepat mereka menjawab, sinyal EGG akan memberikan waktu yang dibutuhkan para sukarelawan untuk menjawab. Hasilnya diperoleh 500 milidetik, sebagai perbandingan, mengedipkan mata membutuhkan waktu 300 milidetik.

{ 0 comments... or add one}


Posting Komentar