Tindak kejahatan yang hanya dapat dimaklumi di Indonesia

Posted by Wandi Gustianto



ANEH92 - Tindak kejahatan yang hanya dapat dimaklumi di Indonesia
Pembajakan 
adalah kegiatan merampas barang atau hak orang lain.
Pembajakan umumnya di hubungkan dengan pembajakan kapal oleh bajak laut, walaupun sering terjadi pembajakan pesawat, bus dan kereta api. Selain itu ada juga pembajakan hak cipta yang berarti pemalsuan barang, merek, dan sebagainya.

Lalu lintas 
Entah kenapa, pelanggaran lalu lintas di Indonesia sudah menjadi hal yang biasa dan wajar yang sudah membudaya di lingkungan kita, sehingga masyarakat sudah pasrah bahkan cenderung masa bodoh dengan sistem dan peraturan yang ada. Bahkan ada yang beranggapan bahwa peraturan dan hukum itu ada untuk dilanggar. Suatu hal yang sangat memprihatinkan bangsa ini. Dalam hal ini kita harus mengakui bahwa bangsa Indonesia memang jauh tertinggal dari negara lain yang lebih berbudaya dari bangsa kita. Padahal displin diri adalah cermin dari sikap dan perilaku bangsa.

Kelakuan para pejabat
Para anggota Dewan kecuali empat pimpinan Dewan diberi fasilitas berupa mobil dinas Toyota Altis tahun 2007. Mobil itu dibeli dengan menggunakan APBD DKI dan berfungsi sebagai mobil operasional. Jadi, begitu anggota Dewan berhenti, mereka wajib mengembalikan mobil tersebut. Banyak sebenarnya kelakuan pejabat kita yang seperti binatang, hanya memikirkan diri sendiri tanpa peduli dengan orang lain

Mengemis
hal yang dilakukan oleh seseorang yang membutuhkan uang, makanan, tempat tinggal atau hal lainnya dari orang yang mereka temui dengan meminta. Umumnya di kota besar sering terlihat pengemis meminta uang, makanan atau benda lainnya.

Operasi penertiban sosial sudah menjadi agenda Dinas Sosial dalam menekan angka pengemis jalanan yang terus meningkat tiap tahunnya, terutama menjelang puasa dan Lebaran.

Pemukiman di sembarang tempat
Sekarang sudah banyak sekali pemukiman yang didirikan disembarang tempat, tentu ini dapat meresahkan kita yang berpenduduk tetap. Merusak keindahan dan panorama sudah tentu menjadi salah satu akibtnya, belum lagi sampah2 yang berserakan tanpa perduli kebersihan lingkungan
Yang paling banyak disoroti oleh para perencana kota adalah pengaruh negatif pertambahan penduduk, antara lain terbentuknya pemukiman kumuh, yang sering disebut sebagai slum area. Daerah ini sering dipandang potensial menimbulkan banyak masalah perkotaan, karena dapat merupakan sumber timbulnya berbagai perilaku menyimpang, seperti kejahatan, dan sumber penyakit sosial lainnya.

Main hakim sendiri
istilah bagi tindakan untuk menghukum suatu pihak tanpa melewati proses yang     sesuai hukum. Contoh dari tindakan main hakim adalah pemukulan terhadap pelaku     kejahatan oleh masyarakat.

    kelompok masyarakat kita cenderung menyiapkan kekuatan phisik sebagai langkah     antisipasi dalam menyelesaikan setiap masalahnya ketimbang menggunakan jalur hukum     yang mereka nilai tidak efektif. Tentunya dengan main hakim sendiri banyak sekali     aspek2 yang dirugikan seperti mental, agama, serta pandangan masyarakat terhadap     perilaku menyimpang ini.

{ 0 comments... or add one}


Posting Komentar