Cara Mudah Merawat Batu Bacan Doko

Posted by VIRAL ID


Batu Bacan Doko
Batu Bacan Doko

Cara-caram Mudah Merawat Batu Bacan Doko,  geliat bisnis batu pualam begitu mengusik rasional. Batu Bacan mampu membuat fenomena di luar nalar para pebisnis. Bagaimana tidak, sebutir batu pualam dari jenis Batu Bacan dengan ukuran kecil dengan berat kurang dari 1 kg mampu terjual puluhan hingga ratusan juta. Tergantung jenis dan kualitas batu tersebut.
Masing-masing batu memiliki karakteristik warna yang berbeda-beda. Batu Bacan Palamea memiliki karakter warna kebiruan, sedangkan Doko cenderung kehijauan, dan Obi lebih ke warna merah. Batu Bacan mengalami pemrosesan warna, dari buram ke warna bening. Semakin bening, semakin mahal harganya.

Batu Bacan memiliki keunikan dan khas, yang tak dimiliki jenis batu manapun di dunia, Selain karakter kristal yang super batu Bacan juga seolah hidup atau ber-Metamorfosis. Sehingga banyak penggemar batu yang tertarik untuk memimiliki sekaligus memelihara dan merawatnya.

Permintaan pasar yang tinggi terhadap batu bacan ini adalah penyebab kenapa para penggali, pengumpul dan pedagang bacan tidak lagi menyortir hasil galian yang dilempar ke pasar. Selain itu, persediaan bahan galian batu bacan berkwalitas semakin menipis. Sehingga mau tak mau, para spekulan bahan bacan mencoba meraup keuntungan dengan menjual bahan bacan dan batu akik bacan dengan kwalitas rendah.

Untuk itu saya ingin berbagi beberapa Cara Mudah Merawat Batu Bacan Doko menjadi kristal dan selalu segar berkilau.

Cara merawat batu Bacan Hitam menjadi Bacan hijau kristal dengan Tratment Rendaman:
1. Rendam bacan Hitam atau yg belum hijau kristal dalam air yang sudah kita siapkan selama 2-3 hari, hal ini untuk mengeluarkan mineral, minyak dan zat kimia lain yang banyak terkadung didalamnya
2. Setalah direndam keringkan, dengan mengangkat dan lap dengan tisue atau kain sampai benar-benar kering.
3. Batu bacan yang sudah kering di poles dengan kulit agar kandungan zat yang keluar dan menempel benar-banar hilang, untuk lebih meyakinkan ulangi terus pemolesan sampai +/-3 hari..
4. Lakukan pemanasan Batu Bacan, pemanasan sampai suhu max 80 derajat C. Pemanasan dapat menggunakan berbagai alat pemanas seperti: Rice Cooker, Coffee Maker, Hair Dryer, Setrika dan menjemur dibawah sinar matahari pagi.
5. Pemanasan Batu Bacan dilakukan sampai warna Batu Bacan yg hitam/coklat berubah jadi warna biru & merata semua, lakukan berulang-ulang dalam kurun waktu beberapa hari atau minggu.
6. Khusus Batu Bacan yang sudah berbatu bacan tsb sudah merata semua rendam batu tsb di air sampai batu tsb crystal kembali. jika batu tsb mengandung kapur maka kapur tsb akan naik kepermukaan semua & harus di gosok ulang supaya batu menjadi crystal & bersih.
7. Ingat Batu Bacan yang akan diproses pemanasan harus dalam keadaan kering, hal ini memang harus harus menjadi perhatian utama, agar Batu Bacan tidak mengalami crack atau keretakan dalam setelah menjalani proses pemanasan.

Demikianlah artikel singkat Tentang Cara Mudah Merawat Batu Bacan Doko. Khusus untuk bacan yang sudah mulai mengkristal sebaiknya jangan melakukan pemanasan buatan, lakukan hanya dengan penjemuran dibawah sinar matahari pagi, penjemuaran Batu Bacan dengan mataharipun jangan terlalu lama usahakan hanya 30-60 menit saja tergantung kecerahan cuaca saat penjemuran.

Sumber: pusatbatu.com

{ 0 comments... or add one}


Posting Komentar