4 Penyebab Kulit Ketiak dan Selangkangan Menghitam

Posted by Admin


ANEH92 - Warna kulit yang tidak merata bisa mengganggu penampilan, terlebih lagi bila ada bagian tubuh yang jauh lebih hitam dibandingkan area lainnya. Ketiak, bagian dalam paha, lipatan lengan/paha, bokong dan area bikini line (selangkangan) merupakan beberapa bagian tubuh yang rentan mengalami penggelapan kulit.

Ketiak dan bikini line yang menghitam tidak selalu disebabkan oleh kurangnya Anda membersihkan tubuh saat mandi. Ada beberapa faktor lain yang membuat area pada lipatan tubuh ini cenderung lebih gelap. Apa saja
 4 Penyebab Kulit Ketiak dan Selangkangan Menghitam
1. Obesitas
Dokter kulit Kardiana Purnama Dewi, Sp.KK menjelaskan, orang yang kegemukan atau obesitas umumnya mengalami penumpukan lemak di tubuhnya, terutama pada bagian paha, perut dan lengan. Lemak tersebut membuat tidak adanya celah atau jarak antara kedua paha ataupun lengan dengan ketiak, sehingga sering terjadi gesekan antara kulit di kedua bagian tersebut.

Akibat terus menerus terjadi gesekan, terjadilah abrasi atau pengikisan kulit yang menyebabkan kekeringan. Saat kulit kering, jadi lebih rentan terjadi iritasi dan terjadilah hiperpigmentasi dan akhirnya menghitam.

Gesekan ini tidak hanya dialami pada orang yang obesitas. Gesekan kulit di ketiak, lipatan dan bagian dalam paha juga kerap terjadi pada orang dengan bentuk tubuh normal. Maka tak heran jika banyak orang yang mengeluhkan kulitnya hitam di area tersebut.

2. Ketidakseimbangan Hormon
Hormon yang tidak seimbang juga bisa menjadi penyebab ketiak, bagian dalam paha atau bikini line menghitam. Dokter yang menjadi dosen di Universitas Atmajaya ini mengatakan, pada beberapa wanita ketidakseimbangan hormon bisa berpengaruh terhadap kondisi kulit. Misalnya saja konsumsi obat-obatan yang memengaruhi hormonal, kehamilan atau penggunaan pil KB. Contoh kecilnya terjadi pada wanita yang mengalami menstruasi.

"Kadang saat mens hormon meningkat dan terjadi perubahan kondisi kulit. Daerah yang menghitam itu juga bisa terjadi karena pengaruh hormon. Tapi begitu mens selesai, warna hitam memudar sendiri," tutur Kardiana, saat ditemui di acara Satto Whitening C-Scrub, Midori Japanese Restaurant, Jl. KH Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Rabu (13/5/2015).

3. Underwear Terlalu Ketat
Pemakaian underwear yang terlalu ketat, membuat kulit di sekitarnya mengalami tekanan terus menerus dan gesekan yang terjadi lebih intens. Kulit jadi sulit bernapas, area Miss V jadi lembab dan akhirnya terjadi iritasi yang mengakibatkan hiperpigmentasi kulit. Itulah sebabnya mengapa area bikini line dan Miss V cenderung menghitam pada sebagian besar wanita.

"Bahan underwear yang tidak menyerap keringat seperti nilon dan poliester juga bisa jadi penyebabnya. Karena tidak serap keringat dengan baik jadi iritasi, dan menyebabkan warna kulit hitam," kata dokter yang juga praktik di Rumah Sakit Atmajaya dan salah satu klinik peremajaan kulit ini.

4. Kondisi Medis
Orang yang menderita penyakit diabetes mellitus juga cenderung mengalami kulit yang menghitam, biasa disebut dengan acunthosis migricans. Yaitu istilah untuk kelainan kulit karena gangguan kadar insulin.

"Biasanya ada orang yang bagian tengkuknya hitam, itu tidak selalu karena dia banyak dakinya. Tapi manifestasi dari gangguan insulin," terang Kardiana.

sumber: wolipop.detik.com

{ 0 comments... or add one}


Posting Komentar