4 Cara Menghindari Munculnya Jerawat di Wajah dan Tubuh Pasca Olahraga

Posted by VIRAL ID



4 Cara Menghindari Munculnya Jerawat di Wajah dan Tubuh Pasca Olahraga Dok. Thinkstock
Jakarta - Rajin berolahraga memang sangat disarankan demi menjaga kesehatan. Selain mencegah Anda mudah terserang penyakit, tubuh pun jadi langsing serta kencang. Meski memiliki sejumlah manfaat positif, wanita sering segan rajin latihan karena tidak mau jerawatan. Ya, sebagian orang memang kerap jadi berjerawat baik di bagian wajah maupun tubuh setelah olahraga. Apa yang menyebabkannya dan bagaimana solusinya?

1. Bersihkan Headphone
Latihan umumnya lebih menyenangkan jika diiringi dengan musik kesukaan terlebih yang memompa semangat. Wajar jika para pecinta olahraga tak pernah melupakan headphone untuk dibawa latihan. Namun hati-hati, benda tersebut mungkin adalah penyebab wajah Anda jadi berjerawat pasca latihan.

"Menggunakan headphone saat olahraga bisa meningkatkan timbulnya jerawat dan infeksi kulit. Karena headphone menjadi tempat berkumpulnya keringat dan pelembab, yang memicu bakteri berkembang," kata dermatologis Dr. Debra Luftman pada situs Shape.

Namun Anda tak perlu meninggalkan headphone saat berolahraga. Karena headphone mudah dibersihkan, seka saja benda tersebut dengan lap atau tisu basah sebelum dan setelah menggunakannya. Lalu bersihkan pula area telinga Anda setelah memakai headphone.

2. Segera Lepas Sport Bra
Agar nyaman ketika berolahraga, sport bra memang paling disarankan untuk dikenakan. Sayangnya penggunaan sport bra memang dapat memicu timbulnya jerawat pada bagian dada dan punggung. "Campuran material dan ketatnya karet dapat menyebabkan keringat menumpuk yang memicu timbulnya jerawat," ungkap Debra.

Solusinya ternyata sama dengan headphone. Sesaat setelah berolahraga, coba bersihkan area dada dan punggung menggunakan tisu basah atau handuk bersih. Kemudian pastikan pula jika Anda selalu mengenakan bra yang bersih etika olahraga. Semakin cepat Anda melepas bra, semakin besar kesempatan Anda terhindar dari jerawat.

3. Bersihkan Alat Olahraga
Anda sering pergi ke gym dan menggunakan fasilitas di sana? Hati-hati dalam menggunakannya. Setelah menggunakan alat hindari memegang wajah agar bakteri pada mesin tidak menempel di kulit dan menyebabkan jerawat. "Alat olahraga jarang dibersihkan, dan bagian tempat duduk serta pegangan tangan adalah magnet bakteri dan kuman. Terlebih ketika sore hari," tambah Debra.

Selain dengan lebih awal datang ke gym, Anda bisa mencegah timbulnya jerawat dengan membersihkan alat olahraga tersebut. Bukan berarti Anda harus membersihkan seluruh bagiannya, namun area yang sekiranya sering dipegang seperti pegangan tangan atau tempat duduk.

4. Ganti Handuk
Selain headphone, benda lain yang wajib dibawa kala olahraga adalah handuk. Sayangnya handuk yang dibutuhkan untuk mengelap keringat selama latihan ini juga bisa memicu timbulnya jerawat. Terlebih jika handuk sering diletakkan sembarangan misalnya di lantai atau di alat olahraga.

Agar lebih aman Anda bisa menyeka keringat yang ada di wajah dengan tisu kering atau tisu basah saja. Selain lebih higienis, tisu basah juga bisa memberi sedikit kesegaran sehingga Anda bisa lebih bersemangat dalam berolahraga. Sementara di bagian tubuh lain yang kulitnya lebih tebal Anda bisa menggunakan handuk.

sumber: wolipop.detik.com

{ 0 comments... or add one}


Posting Komentar